Sabtu, 24 Maret 2012

Art Gallery Andrea Mantegna

Art Gallery Andrea Mantegna
Biography :
Andrea Mantegna lahir di sekitar Padua dekat Vicenza Italia, sekitar tahun 1431 sampai dengan 13 September 1506. Mantegna adalah salah satu seniman besar Art Paintings zaman Renaissance dari Italia. Ia adalah seorang putra dari Jacopo Bellini dan Saudara ipar dari Giovanni Bellini. ia tekun mempelajari arkeologi.
Ketika ia berusia sekitar 10 tahun dia diadopsi oleh Francesco Squarcione, seorang guru seni di Padua. Keterampilan Mantegna sebagai seniman dikembangkan dengan cepat, dan pada usia 17 dia mendirikan bengkelnya sendiri, menyatakan bahwa ia tidak lagi memungkinkan Squarcione untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan bakatnya.
Seperti banyak seniman lain pada saat itu, Mantegna berkesperimen dengan grafis, perspektif dan dikenal sebagai pemahat. Mantegna dicap tokoh heroik, yang sering menggunakan perspektif dramatis yang memberikan pemirsa ilusi melihat dari bawah. Efeknya adalah agak sama dengan melihat ke atas dari permukaan tanah di patung terpasang pada alas.karya Mantegna juga banyak dipengaruhi oleh karya Donatello dari sejak dini. Karakteristik pekerjaan Mantegna adalah warna-warna cerah, perspektif linier yang kuat dan garis-garis tajam. Subyek ini kebanyakan klasik atau agama. Dalam perhatiannya untuk rincian dan gambar lukisannya, Mantegna juga dipengaruhi oleh master Flemish seperti Van Eyck.
Ada banyak minat di Padua pada waktu dalam mengumpulkan dan mempelajari barang antik Romawi. Mantegna mengenal banyak para ulama dan antiquarians yang terlibat dalam pekerjaan ini, dan pengetahuannya tentang budaya Romawi kuno jelas dalam seni. 
Lukisannya membantu mendorong minat dalam kebangkitan kembali bentuk-bentuk klasik. Pada tahun 1453 Mantegna menikah dengan Nicolosia Bellini, saudara Giovanni Bellini dan bukan Yahudi, juga seniman, dan keduanya melakukan pekerjaan yang menunjukkan pengaruh Mantegna pada saat itu.
Mantegna tetap berada di Padua sampai 1459, dan kemudian Ludovico Gonzaga membujuknya untuk pindah ke Mantua. Dia bekerja untuk keluarga Gonzaga selama sisa hidupnya. Bagi mereka Mantegna menciptakan beberapa lukisannya terbesar. Dalam satu karya terkenal, yang disebut Kamera degli Sposi (ruang pernikahan), ia melukis dinding dan langit-langit ruang interior kecil, mengubahnya menjadi sebuah paviliun terbuka. Pada langit-langit kubah dicat terbuka ke langit, dengan laki-laki dicat dan wanita melihat ke bawah dari atas. Kamar ini menciptakan semacam ilusi menjadi sangat populer di era barok dari tahun 1600-an.Para altarpiece untuk Zeno di Verona San adalah salah satu karya Mantegna paling terkenal, seperti mural di Kamera degli Sposi (kamar pengantin) di Palazzo Ducale di Mantua (1468-1474). Komposisi Karyanya dan struktur telah menginspirasi banyak seniman.
Mantegna meninggal di Mantua pada 1506 dan menerima penghargaan khusus dengan memiliki sebuah kapel pemakaman di gereja Santa Andrea didedikasikan untuk menghormatinya.

click to view large
More

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar